I’m using linux

Saya meenggunakan Linux, Begitulah kira-kira terjemahan judul di atas. Kenapa? Ya sekali lagi, dalam rangka mengkapanyekan FOSS di negara kita tercinta ini.

Kebanyakan orang masih terbiasa menggunakan OS buatan Microsoft (entah itu jenisnya). Entah ini bermula darimana, saya pun ketika pertama kali megenal komputer beberapa tahun lalu (maklum termasuk orang gaptek, jadi baru kenal komputer belum lama) pertama melihat komputer pake OS Windows 98. Mungkun karena terbiasa, sehingga kita di doktrin oleh masayarakat bahwa komputer itu windows dan windows adalah komputer (percaya atau tidak, ini yang terjadi di kalangan orang bawah seperti saya).

Saya juga pernah menggunakan Windows, mulai dari 98, ME, 200, XP sampai ke Vista. Memang hal itu membuat kita terbiasa menggunakan OS tersebut. Ketika pertama kali liata ada temen pakai Linux (Kalo tidak salah Mandrake), saya juga merasa anah. Apaan ini? Ngetiknya pake apa? Nyetel MP3 bagaimana? dll.. Tapi karena belum tertarik, ya hal itu saya anggap angin lalu saja. Selanjutnya tetap menggunakan windows.

Salah satu alasan yang membuat saya berganti ke Linux adalah “Free Virusses” (mungkin ada tapi masih sangat kecil). Saya sudah bosan mesti update anvtivirus, apalagi kerja antivirus memakan memory yang sangat besar (Spek komputer rendah seperti punyaku kadang jadi lambat). Selain itu belum tentu juga setelah update kita bebas dari virus.

Masalah pembajakan, saya belum terlalu memikirkan itu, anggap saja bonus dari menggunakan Linux adalah mengurangi pembajakan. Toh, saya masih menyimpan mp3 dan Film bajakan di hardisk saya 😀

Hal lain yang membuat tertarik ke Linux adalah dengan spesifikasi hardware yang rendah, bisa mendapatkan hal yang jika memakai OS lain tidak bisa dijalankan. COntoh saja Ubuntu + Compiz jelas-jelas menang telak jika dibandingkan dengan Vista Aero atau Windows 7 mungkin, apalagi dijalankan dengan spesifikasi hardware yang sama.

Alasan seseorang untuk beralih ke FOSS pasti sangat bermacam-macam. Itu terserah pribadi masing-masing, karena resiko akan diambil sendiri-sendiri 🙂

  • pertanyaannya… berapa lama bertahan pakai Ubuntu… masih pakai gak… wkwkwkwk……

    • ubuntu? terakhir versi lucid linx itu,,, sekarng pake arch linux 😀