Jaman Sekarang??


Dulu waktu kuliah, saya punya temen programmer yang bisa dibilang senior dan mumpuni lah (Senior dari segi umur juga hehe). Beliau pernah cerita, jaman dia ngoding coldfusion dulu, hanya dibekali sebuah buku “kitab” nya coldfusion. Saya juga ga tahu bukunya kayak apa. Internet waktu itu masih mahal, di kantornya ga boleh internetan, katanya gitu. Jadi setiap ada error atau kesulitan yang dia temui, problem solving nya sangat berat, harus mikir sendiri, dn hanya dibekalo sebuah buku tadi. hmmm..

Tetapi, menurut saya justru seperti itulah cara yang hebat (walopun berat dan saya juga belum tentu bisa). Hal itu membuat programmer memiliki kemampuan logika yang kuat, skill programmingnya terasah terus-menerus meningkat.

Coba dibandingkan dengan jaman sekarang. Mahasiswa diberikan tugas sederhana Algoritma. Yang saya temui mereka justru berusaha mencari jawaban langsung di Internet. Bukan memikirkan logika algoritmanya. Banyak saya jumpai di forum, milis pertanyaan yang sepertinya tugas kuliah yang diberikan di perkuliahanya.

Jujur saya merasa prihatin (#SBY mode ON) tentang hal tersebut. Harusnya dengan Internet kita bisa lebih kreatif bukan malah menjadi malas.

NB: Catatan Jumat : Jangan tunda pekerjaan, semakin ditunda akan semakin menumpuk.. 😀

  • betul sekali, hhe

  • budi

    betul sekali. kalau saya karena kemapuan codingnya pas-pasan ya cari sample di internet, seperti yang anda upload di sini.

    so, terimakasih telah berbagi…..