Disclaimer

Berhubung banyak yang berkomentar tentang artikel yang saya buat, pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kunjungan di web saya ini, selanjutnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dikarenakan belum bisa menjawab pertanyaan yang kebanyakan mengenai kode program yang tidak bisa jalan.
Jadi begini, dalam dunia programming kita tidak dituntut untuk pinter copas saja, tetapi pahami juga script yang Anda tulis. Yang selanjutnya adalah saya bukan dewa, bukan dukun yang memahami pertanyaan / masalah yang Anda ajukan dengan pertanyaan yang sangat umum. Misalnya nih ‘Mas program saya error, padahal sudah sama persis’. Jelas saya ga bisa jawab, saya tidak lihat kode Anda, saya tidak melihat error Message Anda. Bagaimana saya tahu kesalahan ada di kode saya atau kode yang Anda buat.
Jika Anda ingin menanyakan sesuatu, coba sertakan parameter yang jelas, misal dengan menyertakan contoh source code-nya di jsfiddle.net atau di github. Coba Anda teliti dulu kode Anda, jika berhubungan dengan JavaScript coba periksa dengan firebug, atau JavaScript console, Chrome developer tools, dan sejenisnya.
Sekali lagi mohon maaf atas segala kekurangan, dan terima kasih.