Menghubungkan KDE dan Smartphone dengan KDE Connect

Bagi kalian para pengguna smartphone Android dan kaum pecinta KDE, sudah ada aplikasi yang sangat yahud untuk menghubungkan smartphone kalian dengan komputer yang bernama KDE Connect.

Dari namanya sudah terlihat kalo fungsinya adalah menghubungkan KDE dengan smartphone, tetapi tidak hanya sekedar hubungan biasam fitur yang disediakan sangat keren menurut saya. Beberapa fiturnya adalah sebagai berikut

Sharing Clipboard

Fitur ini mampu membagi clipboard dari smarphone ke dalam KDE kalian dan sebaliknya. Misalnya kalian mau mengcopy sebuah tulisan dari smartphone (message, text dll) dan dipaste di komputer (dan sebaliknya).

Sharing Files

Mau mencopy files dari komputer ke smartphone? atau sebaliknya? ga perlu ribet cari kabel data. Kalo pake KDE (tentunya) tinggal klik kanan,nanti ada pilihan send to… via kde connect

Remote Control

Ada fitur remote control, yang mampu mengendalikan aplikasi multimedia yang sedang dijalankan di komputer melalui smartphone. Misalnya lagi nonton film, bisa di remote pake aplikasi ini

Touchpad and Keyboard

Ini juga fitur keren, smartphone kita bisa jadi keyboard sama toucpad! Sangat berguna misal kita lagi presentasi misalnya. Serasa punya mouse dan keyboard wireless.

Notification

Fitur ini buat nampilin notifikasi yang muncul di smarphone agar muncul di layar komputer. Jadi kita ga perlu bolak-balik buka lock screen smartphone cuma buat liat kalo ada sms / call / whatsapp di smartphone kita.

Fitur-fitur tersebut menurut saya sangat awsam sekali..

Cara installnya cukup mudah, kita harus install di smartphone (link aplikasi di google play https://play.google.com/store/apps/details?id=org.kde.kdeconnect_tp) dan juga install di komputer kita (yang pake KDE) di http://albertvaka.wordpress.com/ atau kalo yang pake archlinux udah ada di repo tinggal install pake pacman aja.

Oh ya koneksi yang digunakan adalah koneksi wireless / wifi. Pastikan terhubung ke wifi yang sama biar bisa berkomunikasi.