Apa saja di laravel jetstream ?

Laravel jetstream menawarkan pembaruan fitur dan kemudahan dalam melakukan generate fitur authentikasi pada aplikasi web. Tidak seperti sebelumnya, laravel jetstram menggunakan css tailwind sebagai css pengaur tampilannya. Sebenarnya apa saja sih yang ditawarkan di laravel jetstream? yuk kita lihat.

Upload avatar user

Pada laravel jetstream, setiap user sudah diberikan avatar / foto profile secara default menggunakan layanan https://ui-avatars.com/. Setelah melakukan login ke dashboard laravel, kita bisa mengubah gambar avatar menjadi gambar yang lain dengan memilih menu icon user avatar – Profile kemudian pilih select a new photo, dan lakukan upload foto yang akan dijadikan profile.

NB : lakukan perintah php artisan storage:link terlebih dahulu

Edit Atribut Profile

Dengan jetstream, sudah disediakan fitur untuk mengedit data profile masing-masing seperti username, email dan password

Two Factor Authentication

Saat fitur ini diaktifkan, Kita akan dimintai token yang digunakan untuk proses authentikasi. Kita dapat mengambil token ini dari aplikasi Google Authenticator ponsel masing-masing. Selain itu juga bisa menggunakan recovery code yang digunakan sekali pakai jika Authenticator bermasalah

Browser Sessions

Fitur ini menampilkan posisi login user pada seluruh browser. Kita juga bisa mengeluarkan session kita pada seluruh browser lain.

Menghapus Akun

Menghapus seluruh data akun profile masing-masing

Berkolaborasi dalam tim

Jetstream menawarkan fitur kolaborasi yang dinamakan “Teams”, User bisa menambahkan user lain dan memberikan role pada user tersebut. Menu tersebut diakses dengan memilih avatar user – Manage Teams

Itu adalah beberapa fitur yang ditawarkan laravel jetstram, saya sendiri belum memakai secara penuh dan belum melihat isi code dari laravel jetstream karena masih belajar menggunakan Livewire juga. Pada kesempatan lain, saya akan belajar menggunakan Livewire dan Tailwind CSS pada laravel 8.

Semoga bermanfaat